5(LIMA) TAHUN LAGI KPK MESTI DIBUBARKAN !

5(LIMA) TAHUN LAGI KPK MESTI DIBUBARKAN !
Oleh : M.Hatta Taliwang

1. KPK adalah lembaga SEMENTARA yg dibentuk karena lembaga hukum seperti KEJAKSAAN / KEPOLISIAN dianggap TIDAK MUMPUNI dlm melakukan penegakan hukum.

2. Kesementaraan/kedaruratan status KPK mengandung pesan tersirat bahwa KPK BUKAN LEMBAGA PERMANENT, karena itu terkandung pesan BEKERJA CEPAT, BEKERJA TUNTAS, MENIMBULKAN EFEK JERA LUAR BIASA, MENIMBULKAN RASA TAKUT LUAR BIASA BAGI MEREKA YG BERNIAT KORUPSI, MENGURANGI JUMLAH DAN KUALITAS KORUPSI SECARA SIGINIFICANT. Dengan kata lain KPK adalah PEDANG TERHUNUS YANG SIAP MEMBABAT TUNTAS KORUPSI Sehingga siapapun takut dan jera korupsi.

2. Pada saat bersamaan institusi KEPOLISIAN, KEJAKSAAN BERBENAH DIRI menyambut dampak kerja KPK, dimana KEPOLISIAN/KEJAKSAAN siap menerima mandat kembali untuk menjadi lembaga yg meneruskan hasil positif kerja KPK, dan KEPOLISIAN/KEJAKSAAN mendapat kepercayaan kembali sebagai PENEGAK HUKUM. Pada situasi demikian KPK secara perlahan surut dari panggung penegakan hukum dan mengestafetkan penegakan hukum ke KEPOLISIAN/KEJAKSAAN. Dengan kata lain KPK sudah bisa dibubarkan/membubarkan diri.

3. Oleh karena itu HARUS ada KOMITMENT BERSAMA antara PEMERINTAH,DPR, KPK,KEPOLISIAN, KEJAKSAAN, MAHKAMAH AGUNG untuk MENYEPAKATI, BATAS WAKTU KAPAN KPK DIBUBARKAN sbg konsekwensi dari kedaruratan/kesementaraan KPK. Kami mengusulkan paling lama 5 tahun.
Dengan demikian mulai sekarang KPK menyusun target REVOLUSI PENEGAKAN HUKUM MEMBERANTAS KORUPSI yg menimbulkan efek jera luar biasa sbg bagian dr program SHOCK THERAPY HUKUM. Beberapa hari yl kami usul TEROBOSAN HUKUM dari MA, agar mengeluarkan FATWA atau EDARAN bahwa KORUPTOR BISA DIHUKUM MATI. Segera setelah itu HAKIM TIPIKOR membuat keputusan sbagai “sample” puluhan koruptor dihukum MATI ( dengan catatan proses hukum ditempuh dg benar, bukan tebang pilih, bukan order politik, benar2 karena kejahatan korupsi).

4. Dengan demikian KPK bisa diukur kinerjanya , tidak jadi arena permainan politik seperti sekian lama kita curigai, tidak jadi arena dugaan asing ikut bermain, tidak jadi sarang fitnah, tidak menjadi tempat memproduksi proyek wanipiro, tidak jadi tempat memproduksi kekisruhan dan adu domba dll.yg menyebabkan KPK dirasakan menjadi arena tempat saling merusak citra yg tidak produktif bagi pembangunan character bangsa.

5. Kelak kalau KEPOLISIAN/KEJAKSAAN DIRASA MANDUL LAGI setelah pembubaran KPK, maka bisa saja KPK dihidupkan kembali.
Jadi KPK akan muncul bagaikan dewa dengan motto : Aku lihat, aku datang, aku tumpas sampai mencret !
Bukan seperti sekarang PEDANG DI AYUN AYUN SAMBIL BERMAIN MATA, MEMILIH CALON KORBAN.

Sekali lagi kami bukan ahli hukum tapi kebetulan msh sensitif terhadap keadilan.
Salam MHT 15/01/15.