POINT2 MASALAH STRATEGIS BANGSA, MAMPUKAH JOKOWI MENJAWAB?.

POINT2 MASALAH STRATEGIS BANGSA, MAMPUKAH JOKOWI MENJAWAB?.
Oleh : M.Hatta Taliwang.
Dir Institut Ekonomi Politik Soekarno Hatta (IEPSH).

(3) SAMBUNGAN

1.3.Masalah KEDAULATAN BANGSA, HARKAT DAN MARTABAT BANGSA, merupakan issu yg paling gencar akhir akhir ini. Banyak kalangan risau atas issu tsb. Bahkan Prof Dr Din Syamsuddin, KH. Hasyim Muzadi dll smp membentuk GERAKAN MENEGAKKAN KEDAULATAN NEGARA (GMKN) utk merespons gencarnya issu tsb, setelah melihat realitas bahwa dalam banyak hal pasca amandemen UUD45 ini, Indonesia makin tidak berdaulat. Bgmana SDA, Perbankan, Pasar, Retail, Pangan, Tanah dll kita digerogoti dan diexploitasi utk memperkaya/memakmurkan segelintir negara asing dan antek anteknya.Belum lg klo kita baca bgmana manusia Indonesia (TKI) diperlakukan di LN.

Bahkan PEMILU/ Pilpres dg segala instrumennya diduga dikendalikan oleh invisible hand yg remotenya dipegang oleh kaum kapitalis asing dan antek2nya. Kegelisahan banyak kalangan diperparah oleh sikap sebagian generasi muda cendikiawan yg dididik di luar negeri terutama sekarang di Australia(tempat cuci otak setelah Barkeley,USA tdk populer lg) dg cara berpikir sangat pragmatis bahkan ada yg berani umbar kalimat : nasionalisme itu tidak penting dlm era globalisasi. Dia lupa bahwa ia bisa mengenyam kemerdekaan dan bisa bersekolah tinggi sampa luar negeri karena modal dasarnya, adanya Indonesia, adanya nasionalisme.
Apakah Jokowi yg diduga output sistem Pilpres intervensi asing dan rekayasa ini akan mampu membangkitkan kebanggaan, kedaulatan dan martabat bangsa? BERSAMBUNG.

Leave a Reply