BELAJAR DARI CHINA ATAU CHINA BELAJAR DARI KITA

BELAJAR DARI CHINA ATAU CHINA BELAJAR DARI KITA
Oleh : M.Hatta Taliwang

“Dalam satu dekade ke depan perusahaan perusahaan swasta di China akan mendapat peran lebih besar dlm pembangunan ekonomi di China. Meskipun demikian badan usaha milik pemerintah (BUMN) tetap akan menjadi PILAR UTAMA.”

Demikian kesimpulan umum Pleno Ketiga Kongres Komite Sentral Partai Komunis China yg berakhir 12 Nov 13 di Beijing.

Meskipun China telah tumbuh pesat ekonominya, namun tetap berhati hati dan terukur masuk dlm pertarungan kapitalisme dunia. Kebijakannya yg tetap mengontrol ekonominya(tidak ikut membabi buta seperti Indonesia masuk dlm sistem kapitalisme global) membuat negara yg berpenduduk terbesar di dunia ini tumbuh menjadi raksasa yang mampu mengangkat derajat dan martabat bangsanya sangat terhormat dimata dunia.

Thn 1984 ekspor Indonesia US$ 4 MILYAR, CHINA hanya US$ 3 milyar. Dua puluh tahun kemudian Indonesia US$ 70 MILYAR, CHINA US$ 700 milyar. Dalam bidang pembangunan jalan tol Indonesia memulai 12 tahun dari China. Sekarang panjang tol China lk 90.000 km. Sementara Indonesia cuma 630 km (Sumber :JEFFREY SACH. Lihat juga buku kami :INDONESIAKU TERGADAI hal 160 sd 161/2011).

Dengan gambaran sekilas itu kita bisa menyimpulkan ADA YANG SALAH DALAM KEBIJAKAN EKONOMI INDONESIA. Padahal negeri ini, mengutip kata teman saya, Karna Brata Lesmana (pengusaha yg pernah tinggal di Singapura,kuliah di Kanada/USA dan sekarang sbg bisnisman sering ke China) : “Indonesia adalah negeri yg kaya raya, indah, semua ada disini,penduduknya rajin bekerja (bahkan sampai ke LN). Tidak ada alasan rakyatnya harus hidup miskin. Hanya satu sebab, pemimpinnya tidak sungguh2 dan jujur membangun bangsa ini.”

Dalam kaitan dengan peran BUMN, apa yg diputuskan Pleno Komite Sentral PKC, sebenarnya hemat kami itulah nafas pasal 33 UUD 45.Sehingga sebenarnya China melaksanakan UUD45 he he.
Buat Indonesia hemat kami tinggal penjabarannya : misalnya mengatur mana wilayah BUMN/BUMD, mana Swasta Besar, mana Koperasi, mana UKM/swasta kecil sehingga tidak tunggang langgang, yg besar menghisap yg kecil sampai kering kerontang lalu mereka jatuh melarat tanpa negara peduli !Sehingga terasa makin mendesak dibuat UU Sistem Ekonomi Nasional, sebagai HULU dari semua kebijakan ekonomi. TIDAK LIAR,BEBAS LEPAS TANPA KENDALI yg menyebabkan negara seperti tempat PARA PENYAMUN BERTARUNG ! MHT 141113

Leave a Reply