BOM WAKTU WARISAN REZIM SBY : HUTANG MENGGUNUNG ! ADAKAH CAPRES YANG DPT JADI PROBLEM SOLVER ?

BOM WAKTU WARISAN REZIM SBY : HUTANG MENGGUNUNG !
ADAKAH CAPRES YANG DPT JADI PROBLEM SOLVER ?

Oleh : M.Hatta Taliwang

Kalau digabung hutang pemerintah yg akan diwariskan rezim SBY ke Pemerintahan berikutnya adalah : Utang Luar Negeri Pemerintah mencapai 120,64 miliar dolar AS (Oktober 2012), atau sekitar Rp 1.206 triliun. Ditambah Utang Dalam Negeri Pemerintah sampai dengan September 2012 Rp. 975,94 Triliun, Totalnya Rp 2.181,98 triliun. Dlm sisa setahun Pemerintahannya pasti akan bertambah lagi.

Perhatikan juga utang luar negeri swasta (para konglomerat) mencapai 123,072 miliar dollar AS (Oktober 2012) atau sekitar Rp 1.230 triliun. Untuk pertama kali sejak krisis 98 utang luar negeri swasta melebihi pemerintah.

Ekonomi Indonesia dewasa ini adalah EKONOMI UTANG, yg tdk didasarkan pada produktivitas nasional. Perhatikan Utang Perusahaan, utang perorangan/Rumah tangga (dlm bentuk kredit rumah/properti,mobil, kartu kredit, dll yang bersumber dari Bank Nasional Rp sebesar Rp 2.585 trilun (Oktober 2012).
Kredit properti yg paling gawat.

Semua angka angka tsb bersumber dari Salamuddin Daeng dari Institut for Global Justice (IGJ).

Utang digunakan untuk membiayai impor, membiayai defisit pembayaran, membayar cicilan dan bunga utang lama yg jatuh tempo yg akan menjadi capital outflow, total akan mencapai Rp. 720,908 triliun.Berarti devisa negara tinggal sedikit .

Kita berandai andai karena berbagai masalah para pengusaha dlm negeri juga mengalami kesulitan (karena kewajiban utang jangka pendeknya thdap luar negeri), dan biaya impor bahan baku meningkat (70 % dari total impor) yg berakibat biaya produksi meningkat, produktivitas/efesiensi menurun sehingga kemampuan mereka merosot bahkan utk membayar gaji karyawan dll menurun.

Disatu sisi para karyawan dan rumah tangga terbiasa hidup konsumtif dan punya pinjaman di Bank, tiba tiba mereka kehilangan daya membayar kewajibannya pd Bank, padahal Bank Bank tsb jg dikejar kejar oleh kewajiban membayar utang luar negeri mereka.

Bisa dibayangkan betapa dahsyatnya krisis ekonomi yg dihadapi bangsa ini. Krisis ekonomi akan memberi efek domino thdap kondisi sosial politilk dan keamanan bangsa.

Dan itulah BOM WAKTU diperkirakan dapat meledak di era SBY. Jika tidak maka sudah pasti akan meledak di era pasca SBY. Apalagi klo rezim pengganti SBY kelak tidak faham pada dinamika masalah ekonomi yg sedang dihadapi.

Capres manakah yg siap hadapi bom waktu warisan SBY? Adakah capres yg punya konsep untuk atasi krisis besar ini? Atau yg ada cuma capres abal abal yg cuma mampu jual citra sementara masalah mendasar begini tdk difahaminya?

Yg kita butuh capres yg faham masalah besar ini dan mampu menawarkan solusi atas tantangan yg sedang dihadapi bangsa ini.
MHT 040813

Leave a Reply