BP MIgas Bubar, Urusan Belum Selesai! Arsip-Arsip Harus Diperiksa

mht-hitam

Putusan MK mengenai pembubaran BP Migas melahirkan  persoalan penting, a.l. mengenai penyelamatan arsip untuk kepentingan pertanggungjawaban nasional,sesuai yg diatur UU.

1. Segala arsip yg ada selama BP Migas berdiri adalah milik ARSIP NEGARA karena lembaga tersebut kegiatannya bersumber pada dana negara (Pasal 33 UU 43/2009 Kearsipan).

2. Arsip BP Migas bisa masuk dalam kategori ARSIP TERJAGA karena tugas dan fungsinya yg berdampak pada kepentingan nasional. Arsip Terjaga adalah arsip negara yg berkaitan langsung dengan keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara yg harus dijaga keutuhan, keamanan, dan keselamatannya (Pasal 1 (8) UU 43/2009) termasuk diantaranya arsip PERJANJIAN INTERNASIONAL dan KONTRAK KARYA (Pasal 34 (2) UU 43/2009).

3. Pembubaran lembaga negara harus diikuti dengan penyelamatan/akuisisi arsip lembaga tersebut (Pasal 35 (1) UU 34/2009). Dengan demikian, Arsip Nasional RI wajib menyelamatkan arsip BP Migas sejak dibubarkannya lembaga tersebut untuk kepentingan pertanggungjawaban nasional (Pasal 34 (1) UU43/2009).

Agar kita tertib bernegara dan berbangsa kami berharap semua ketentuan UU dipatuhi, tdk seenaknya membentuk dan membubarkan diri tanpa pertanggung jawaban. Kami harapkan DPR RI berperan aktif mengawasi pelaksanaannya.

MHT Dir Eks Institut Ekonomi Politik Soekarno Hatta(IEPSH).261112

Leave a Reply