FIRST LADY YANG JADI PRESIDEN

FIRST LADY YANG JADI PRESIDEN
Oleh : M. Hatta Taliwang

Gara2 banjir besar Jkt, kita luput cermati kdatangan seorang Presiden cantik dari negerinya Maradona,Cristina Fernandez.
Tdk terlalu faham apa maksud kdatangannya dari negeri jauh sana, karena km tdk mengerti kepentingan politik/ekonomi apa yg begitu urgent antara Ind dg Argentina,. Dan sedihnya ketika tiba di Jkt disambut dg lagu don’t cry for me Jacarta,karena genangan air memenuhi Istana,

Apa urgensi kunjungan itu? Mencari argumentasi agak sulit akhirnya km mengutak utik, yg ktemu malah hal yg berbau spekulasi.

Sebelum jadi Presiden, Cristina adalah isteri Pres Argentina.Ia adalah ibu negara dari tahun 2003-2007 kala suaminya, Nestor Kirchner menjabat sbg Presiden.

Seorang kawan usil nyeletuk :”Emangnya ada yg mau kursus mewariskan jabatan ke isteri? Kalau suami mewariskan jabatan ke isteri tdk usah belajar jauh jauh. Bisa belajar ke Kediri, Cimahi atau Indramayu”.
Didaerah tsb memang Bupati mewariskan jabatan ke isterinya.

Cristina adalah lulusan hukum Univ Nasional La Plata pada 1970-an dan aktif dalam Pemuda Peronis. , Berprofesi sbg pengacara. Cristina memulai karier politiknya di Fraksi Tendencia Revolucionaria dari Partai Justisialis, .
Antara 1995 sd 2007, ia berkali-kali terpilih menjadi anggota Kongres Nasional ,
Dlm pemilihan Presiden Oktober 2007, ia memperoleh 45,3%.

Cristina adalah “senjata rahasia” suaminya, sebagaimana Eva Perón menjadi senjata rahasia Juan Perón. Ia dikenal cerdas dan lidahnya tajam.

Gebrakannya yang mengejutkan dunia adalah tatkala ia menasionalisasi perusahaan minyak YPF, yang dimiliki Repsol asal Spanyol.

First Lady USA,Mrs Clinton pernah mencoba jd Pres tp gagal. Ke depan First Lady Michelle Obama pun sangat layak.Dia cerdas dan retorikanya luarbiasa.

First Lady kitapun berhak jadi Presiden tentu dg harapan bersih dr korupsi,punya kapasitas, komitmen dan nyali seperti Cristina. Don’t cry for me Argentina.MHT

Leave a Reply