INI DIA PRESIDEN YG BERHASIL MERUBAH NASIB BANGSANYA.

INI DIA PRESIDEN YG BERHASIL MERUBAH NASIB BANGSANYA.
INI TANGGA BENAR KESUKSESANNYA!TIDAK INSTAN!
Oleh : M.Hatta Taliwang.

Lula da Silva adalah Presiden Brazil ke 35, lahir 27 Okt 1945 yg tdk bisa berbahasa asing.
Anak desa yg cerdas,ayahnya pemabuk,ibu butahuruf. Saat Lula beranjak dewasa, ia sempat bekerja di dry cleaning. Lula nyaris tewas bersama keluarganya karena gubuknya diterjang banjir.
Hidup keluarga berpindah pindah
Ia berhenti setelah kelas 4 SD. Pada usia 12 tahun menjadi seorang tukang semir sepatu, penjual kacang, dan tepung tapioka, pedagang asongan.
Usia 14 tahun ia bekerja di sebuah pabrik baja.Sambil kerja Lula belajar dan memperoleh ijazah penyetaraan SMA.

Pada usia 19 tahun, ia kehilangan sebuah jarinya dalam sebuah kecelakaan kerja di sebuah pabrik onderdil mobil. Pada saat
Itu ia mulai terlibat dalam kegiatan2 serikat buruh

KARIR POLITIK
1.Pada 1978 ia diangkat sebagai presiden Serikat Buruh Baja dari São Bernardo do Campo dan Diadema, Lula sudah mengisi berbagai jabatan di serikat buruh yang sama.

2.Februari 1980, dia mendirikan Partai Buruh (PT: Partido dos Trabalhadores). Partai Buruh yang dipimpinnya lebih dikenal sebagai sebuah partai beraliran sosial demokrat yang memiliki kebijakan pragmatis daripada revolusioner.

3.April 1980 ia ditangkap dan ditahan karena demonstrasi.

4.Tahun 1986, ia terpilih ke Kongres

5.1989 mencalonkan diri sebagai presiden namun gagal.

6. 1994 Ikut Pilpres lagi, ia pun masih kalah dengan Fernando Henrique Cardoso.

7.1998 ia ikut Pilpres tapi gagal juga.

8.Baru pada upayanya yang keempat (Oktober 2002), ia memperoleh mandat rakyat(61%) terpilih sbg Presiden ke 35 Brazil dan memilih industriawan Jose Alencar dari Partai Liberal sebagai wakil presiden.

PRESTASI LULA DA SILVA
Mewarisi pemerintahan Cordoso(1995-2003) yg korup,banyak orang miskin,pengangguran dan banyak kriminalitas :
1. Lula da Silva melalui program-program sosial berhasil
mengangkat derajat puluhan juta penduduk Brasil dari jurang kemiskinan
2.Lula sukses menempatkan bangsanya di puncak bersama negara-negara berkembang pesat lain, seperti Rusia, China, dan India
3.Brasil mampu melunasi utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF) lebih awal. Bahkan Brasil siap memberi pinjaman sebesar 10 miliar dollar AS kepada IMF.
4.Luiz Inacio Lula da Silva sukses memimpin Brasil menjadi salah satu negara berkembang yang disegani di dunia.
Lula menjadi ujung tombak bagi negara-negara berkembang yang mendesak negara-negara kaya supaya menghapus subsidi pertanian, berperan lebih dalam perundingan perubahan iklim, dan memimpin dalam penanggulangan krisis keuangan global.
5.Lula mengunjungi 75 negara dan membuka 33 kedutaan besar baru. Empat belas kedutaan besar baru di buka di Afrika, sebagai bagian dari agenda kerja sama  selatan-selatan antara Amerika Selatan dan Afrika.
6.IMF mencatat, bahwa negeri  ini akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar kelima di dunia pada 2020 mendatang.
7.Lula menjadi simbol transformasi Brasil dari yang tadinya negara keranjang utang ke negara kaya baru.
8.Cremilda Maria da Silva, seorang  warga miskin berusia 35 tahun mengelu-elukan Lula, karena gajinya kini cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. “Ini pemerintahan terbaik Brasil. Sebelum Lula, kami seperti tak memiliki pemerintahan,”
Aktivis perempuan di Olinda merasakan kenaikan standar hidup. “Saya bisa membeli obat sekarang. Bahkan juga komputer dan mesin cuci,” katanya

9.Dua periode memimpin Brasil(2003-2011) popularitas di akhir masa jabatannya masih mencapai 86%, hampir sama dengan popularitas Vladimir Putin dua kali menjabat presiden Rusia.MHT 21/03/14

Leave a Reply