KABINET PROFESIONAL ITU APA SIH?

KABINET PROFESIONAL ITU APA SIH?
Wacana ttg pengisian kursi kabinet dari kalangan profesional dan “profesional partai” itu apa ya?. Menteri adalah jabatan politik yg mengemban tugas dan tnggungjawab dlm bidang trtentu. Syaratnya ya integritas, komitmen dan kompetensi. Dlm kompetensi itu ada dua unsur yg mutlak hadir scara terpadu, yaitu pngetahuan dan pengalaman. Kedua unsur itulah yg mmberi jaminan ttg penguasaan sseorang atas tugas yg diemban, masalah yg hrs dselesaikan, dan tantangan yg hrs dijawab. Jadi isu profesional dan “profesional partai” itu relevankah dibicarakan dalam konteks kabinet? Ilmuwan, pengamat, wartawan dan politisi ramai mewacanakan kabinet, namun mungkin tak semua faham ujar rekan yg bekas Menteri . Jadilah rakyat tergiring ke wacana menyesatkan .

Di AS( lagi2 menurut kawan eks Menteri) yg sering menjadi rujukan pengamat muda sama sekali tak pernah muncul isu isu seperti itu.

Disana mereka bicara ttg “competence” yg intinya adalah pengetahuan dan pengalaman. Tdk ada wacana ttg profesionalisme dan representasi partai dalam pemerintahan (kabinet atau jabatan publik lainnya). Wacana tsb hakekatnya adalah “warisan Sby” yg formasi kabinetnya mmbagi kabinet untuk org partai dan non partai dan kurang prtimbangan kompetensi sehingga akhirnya banyak yg gagal bhkan brurusan dg KPK.

Konsep gagal ini malah akn diadopsi oleh Jokowi JK. Lucu juga klo Jokowi/JK tdk mampu memahami bahwa apa yg dilakukan Sby selama ini hemat kami adalah kekeliruan.

JK yg oleh banyk kalangan dianggap bisa mengawal Jokowi sbnarnya juga sdh trbatas kemampuannya(faktor usia). JK slama ini dikenal lbh lincah sbg “pemadam kebakaran”, jago mnyelesaikan masalah2 instan dan pragmatis bkn mrumuskan kebijakan strategis dan sistemik. Brpasangan dg Jokowi yg kata Prof Dr Jeffry Winters, merupakan “gabungan Gus Dur dg Megawati”, bisa dibayangkan Indonesia akan berjalan sperti apa dlm era mreka. MHT 17/9/14