LINTAH YG MEMBELIT SEKUJUR TUBUH BANGSA

LINTAH YG MEMBELIT SEKUJUR TUBUH BANGSA
Oleh : M Hatta Taliwang

Skandal atau perbuatan yg memalukan, yg menurunkan martabat seseorang/bangsa silih berganti disajikan ke depan publik. Mulai dari skandal BLBI, skandal Century, skandal Wisma Atlit, skandal Hambalang, skandal Sapi, skandal pengadaan Alqur’an, skandal grasi Narkoba,skandal penggrebekan Raffi Ahmad,skandal PON, skandal “kudeta” Ketum Demokrat dll.Belum termasuk skandal skandal kecil tapi tingkat kehebohannya tinggi, yg kadang dianggap pengalihan issu oleh masyarakat umum.

Penegak hukum tentu sangat pusing memikirkan mana dari peristiwa atau skandal tersebut yg akan jadi prioritas diatasi. Ada yg sdh diatasi tp belum tuntas. Ada yg sedang dlm proses.

Saking silih bergantinya skandal yg “dihidangkan” dihadapan publik teman saya Salamuddin Daeng bertanya tanya :”jangan2 masyarakat sdh menganggap skandal/peristiwa tersebut seperti tontonan rutin sinetron. Sesuatu yg biasa saja yg tidak mempengaruhi jalan hidup mereka. Sehingga tak ada perlawanan, pendobrakan atas realitas yg memalukan tersebut”.

Ya masyarakat atau publik sdh jenuh,lelah, hopeless, kehilangan trust bahwa skandal demi skandal tak akan ada penyelesaian tuntas.Cuma akan jadi tontonan.
Sepertinya rezim ini cuma “buying time” sedang bermain gasing atau seperti pesawat, berputar dan berputar agar tetap memiliki enerji untuk bertahan. Smpai pd suatu hari menemukan jalan politik untuk softlanding.

Padahal kasus atau skandal yg membelit rezim ini seperti lintah yang membelit sekujur tubuh. Tiap waktu menyedot darah termasuk darah bangsa ini. Apakah kita harus menunggu sampai darah bangsa ini kering dan menemukan diri kita telah menjadi zombie?

Kita telah disandera oleh rezim ini sehingga bangsa ini kehilangan enerji positif untuk bangkit. Tak ada prestasi yg bisa kita banggakan. Bangsa ini kehilangan daya utk berbuat terbaik karena pemimipin tidak mengurus rakyat tp sebaliknya rakyat terpaksa sibuk “mengurus” pemimpinnya. Sampai kapan?MHT

Leave a Reply