MAKIN MENDESAK PENDIDIKAN AHLAK/MORAL/ETIKA.(Menyambut Hari GURU)

Hatta-Taliwang-tribunnews-jpeg.image_

MAKIN MENDESAK PENDIDIKAN AHLAK/MORAL/ETIKA.
(Menyambut Hari GURU)
Oleh :M.Hatta Taliwang

Ribut soal cinta kilat Bupati Garut, ribut soal tokoh yg digunjingkan korupsi tp terpilih jd pimpinan Ormas,ribut soal hakim yg terima suap, ribut soal kongres/munas yg bagi bagi dollar, dll semuanya tdk lepas dari nilai ahlak/moral yg makin ambruk di negeri ini.
Kalau saya suarakan pentingnya moral,bukan berarti saya sok moralis. Saya pun manusia biasa dg segala kelemahannya. Tp tak bosan saya suarakan ini karena sy cemas dan kawatir dg hari depan bangsa ini. Karena kata orang bijak dan cerdik pandai soal ahlak/moral ini merupakan roh/ nyawa dari sebuh bangsa.
Saya kutip sebuah broadcast(mudah2an benar isinya!) yg beredar beberapa bulan lalu :

“Para Pendidik & Guru di Australia lebih khawatir jika anak anak didik mereka tidak jujur, tidak mau mengantri dengan baik, tidak memiliki rasa empati dan hormat pd orang lain dan etika moral lainnya ketimbang mereka tidak bisa membaca, menulis & berhitung.
Guru guru di Australia lebih prihatin jika murid2 mereka memiliki prilaku moral yg kurang baik daripada memiliki prestasi nilai akademik yg kurang baik”
Mengapa? Karena menurut mereka utk membuat anak mampu membaca menulis & berhitung atau menaikkan nilai akademik, hanya perlu waktu 3 – 6 bulan saja dengan secara intensif mengajarkannya.

Tapi untuk mendidik perilaku moral seorang anak, dibutuhkan waktu lebih kurang 15 tahun utk mengajarkannya.

Mengajarkan baca tulis, berhitung bisa di ajarkan kapan saja, bahkan setelah mereka sudah dewasa/tua sekalipun masih bisa dilakukan, Sementara mengajarkan Etika Moral waktunya sangat terbatas, dimulai saat balita dan berakhir saat mereka kuliah. Selain itu utk mengubah perilaku moral orang dewasa yg terlanjur rusak dan buruk, hampir sebagian besar orang tidak mampu melakukannya.”

Bangsa Australia ‘leluhurnya’ berasal dari tahanan kriminal Inggris kini mampu masuk 10 negara TERBAIK utk tempat tinggal manusia dan memiliki tingkat kriminalitas terendah di dunia dimana kota Melbourne terbaik.
Bangsa Indonesia mau kemana Bapak dan Ibu Guru?MHT

Leave a Reply