MENGENANG TAHUN TAHUN KRITIS

MENGENANG TAHUN2 KRITIS.
(Sekedar Catatan Ringan Untuk Teman2 Aktifis Mahasiswa 1977/1978)
Oleh : M Hatta Taliwang

Tahun 1977 trjadi krisis pangan di daerah Karawang shingga bnyak rakyat yg trpaksa mengolah eceng gondok utk dimakan. Selaku slh seorang Pimpinan Dewan Mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Jkt, bersama beramai ramai mengumpulkan sumbangan dari brbagai pihak shingga kami berhasil mengumpulkan beras ber ton ton dan langsung dbagikan ke Karawang.Mahasiswa terjun langsung bagi beras ke rakyat. Itu salah satu kenangan indah jadi aktifis mahasiswa tahun 70an.

Seputar thn itu juga Rektor kami Prof Dr.Ismail Suny,SH MCL brsama wartawan kawakan Mahbub Djunaedi dan Tokoh Pejuang Bung Tomo ditahan rezim Soeharto karena dinilai kritis terhadap Orba. Kami mhasiswa beramai ramai datang ke KODAM V JAYA dan dterima Asintel Kol Eddy Nalapraya, mnyampaikan permohonan pmbebasan atas tokoh2 tsb. Pd saat itu situasinya sangat repressif tdk semua mahasiswa punya nyali utk brgerak. Ketiga tokoh tsb tetap ditahan.

Skitar tgl 20 Januari 1978 tengah malam km digrebek di kampus masing2 oleh tentara, lalu diangkut dg truk dan colt di tahan di KODAM V Jaya. Malam itu smua kampus di Indonesia yg akan bergerak turun esok harinya dlm rangka mminta Soeharto di Sidang Istimewakan oleh MPR, ditangkap duluan dan seluruh Dewan Mahasiswa di bekukan, juga bberapa media massa dibreidel.
Bnyak teman aktifis 77/78 yg sudah meninggal dunia.Satu persatu mulai menjadi kakek, kecuali aktifis yg telat kawin seperti Indro Tjahyono he he. Ada yang sedang sakit seperti : Umar Marasabessy (Dema UMJ), Agus Soeroto (Dema ITB).Tapi siapa yang peduli? Yang saya bangga dari teman2 sy yg ratusan dari aktifis 77/78, mereka tetap mau turun demo, mereka tetap mau kumpul diskusi mengkritisi situasi bangsa dan tetap hidup sederhana.Yang “makmur” sedikit sekali(Dipo Alam?,Hatta Rajasa? he he ).Mayoritas sangat prihatin hidupnya seperti nasib rakyat dan bangsanya yg terpuruk.
@MHT (Kord GD 77/78)

Leave a Reply