NASIB TRAGIS PRESIDEN JAHAT

NASIB TRAGIS PRESIDEN JAHAT
Oleh : M.Hatta Taliwang

Sejak akhir abad ke 19 sd akhir abad ke 20 paling tidak ada sekitar 85 Kepala Pemerintahan tumbang dg berbagai cara. Di identifilkasi se kurang2nya 9 jalan kematian tragis para Pemimpin negara tersebut,diantaranya,karena Revolusi Sosial.
Benito Mussolini berkuasa lewat titah Raja Italia, Vittorio Emanuele III, untuk membentuk Republik Sosialis Italia, pada 1943,
adalah contoh gamblang seorang Penguasa yg hidupnya berakhir tragis di ujung revolusi.
Mayatnya digantung terbalik dan dipertontonkan kepada publik di pompa bensin di Piazza Loreto, Milan. Sebelum digantung, mayatnya ditembaki berkali-kali, diludahi, dilempari batu, dan ditendangi oleh rakyat yang marah terhadap sepak terjang Mussolini dg partai fasisnya ketika berkuasa.

Ceausescu memerintah Rumania selama 24 tahun, antara 1967 hingga 1989. Di era kepemimpinannya, ia membentuk polisi rahasia yang begitu kejam.

Ceausescu dikenal sebagai pemimpin kejam, bertangan besi, dan represif terhadap kaum oposisi. Dia dan keluarganya hidup mewah di tengah-tengah rakyatnya yang menderita.

Kejatuhan Ceausescu dipicu oleh peristiwa 16 Desember 1989. Saat itu pasukan Ceausescu menembaki para demonstran yang menuntut reformasi di Kota Timosoara. Ratusan demonstran dan penduduk sipil tewas dalam peristiwa itu. Pembunuhan tersebut memicu protes secara nasional.

Polisi pun kembali menembaki para demonstran di Bucharest. Namun keadaan berbalik, tentara malah menyerang polisi, dan pemberontakan rakyat sipil bersenjata pun dimulai hingga tak terbendung. Revolusi pun berkobar.

Pada puncak revolusi, Ceauşescu dan istrinya kabur dari ibukota ke kediamannya di Snagov.. Ceauşescu akhirnya ditangkap polisi, kemudian diserahkan kepada tentara.

Hari Natal, 25 Desember 1989, Ceauşescu dan isterinya diadili dan dijatuhi hukuman mati dengan tuduhan berlapis, mulai dari memperkaya diri secara ilegal hingga pembunuhan. Dia dieksekusi bersama isterinya.MHT.

Leave a Reply