NILAI,ETIKA DAN MORAL YANG RUNTUH(Catatan dari sebuah kongres)

Hatta-Taliwang-tribunnews-jpeg.image_

Oleh :M.Hatta Taliwang

Seorang tokoh yg sedang digunjingkan tentang keterlibatannya atas kasus korupsi, terpilih menjadi salah seorang Pimpinan organisasi kemasyarakatan tersohor di Tanahair. Memperoleh suara sangat significant. Sungguh menimbulkan tandatanya besar : kok bisa ya?

Di Republik Amburadul ini ternyata makin jelas dan nyata apa yg tidak mungkin di belahan dunia manapun ternyata disini bisa.
Godaan jabatan dan kekuasaan ternyata mengalahkan apapun. Pemilih dan yg dipilih ternyata memiliki kualitas dan moral yg sama.Entah nilai dan moral apa yg sedang dibangun oleh anak bangsa ini. Memprihatinkan!

Di Korea seorang mantan Walikota baru pada taraf digunjingkan korupsi BELUM JADI TERSANGKA memilih jalan mengakhiri hidupnya dg terjun dari atas jembatan.

Disini seorang Kyai ternama memilih poligami dg baik baik dikucilkan oleh jamaah pengikutnya sampai kesepian. Tp seorang selebritis yg gambar senggamanya dg isteri orang beredar di seantero jagad Republik, malah dipuja bagai dewa!

Sy mhn maaf ke teman teman yg teah ikut dlm acara yg menghasilkan salah seorang Pemimpin yg dipergunjingkan tsb. Sy menghargai hak dan hasil pilihan Anda tp sy prihatin bahwa ternyata soal etika dan moral kepemimpinan diabaikan. Padahal menurut ahli manajemen inti dari kepemimpinan adalah karakter yg didalamnya terkandung nilai etika dan moral.

Bagaimana mungkin budaya transaksional kita tolerir memenuhi
Jagad setiap kongres atau muktamar dan menghasilkan pemimpin yg entah misi dan visi apa yg akan ditegakkan dg memulainya tanpa muatan nilai kejujuran.

Runtuhnya sebuah bangsa dlm sejarah dimanapun berawal dari keruntuhan nilai/ moral warga dan pemimpinnya.

Saudaraku yg senior dan yg junior, mau kemana kita bawa bangsa ini ?(MHT)

Leave a Reply