PENTINGNYA TRACKRECORD CAPRES/CAWAPRES

hattataliwang

Oleh : M.Hatta Taliwang

Supaya kita tidak terkecoh dlm menilai capres/cawapres ke depan maka kita jangan terpukau oleh pangkat, gelar atau jabatan yg sedang atau telah disandang ybs.
Misalnya kita terpukau oleh pangkat jenderal maka pertanyaannya selama dia dlm pangkat dan jabatan tsb apa yg telah diperbuatnya secara menonjol, yg membuat rakyat, bangsa dan negara menjadi bangga padanya? . Minimal kita ketahui gebrakan2 luar biasa yg dilakukan dlm memimpin institusinya :entah dlm kaitan kesejahteraan prajurit, kesejahteraan pensiunan,bebas korupsi di instansinya, pemenuhan alutsista,bebas mafia penyeludupan,disiplin prajurit meningkat,penugasan khusus tanpa cacat dll.
Klo sdh pensiun dan dpt jabatan ditempat lain secara significant berperan membawa kebaikan di instansi baru dan tdk larut dlm permainan korupsi dst.Bahkan sekali kali bunyi menyuarakan jeritan rakyat.
Bila sungguh2 berprestasi maka tentu kita respek bila yg bersangkutan maju jd capres.
Begitupun terhadap mereka yg penuh dg deretan gelar/jabatan: apa trackrecord yg bisa dibanggakan dlm jabatan yg telah dan sedang disandangnya? Apakah yg bersangkutan menimbulkan kebanggaan atau malah penuh kontroversi dan gosip yg tdk sedap? Di era serba transparan ini rasanya tak ada yg bisa kita sembunyikan bahkan sampai urusan yg paling personalpun! Jadi klo mau maju jd capres harus siap mental dikupas habis. Apalagi bagi yg berlatar belakang bisnis sungguh banyak celah trackrecord bisnis yg bisa dibedah. Yg mendasar tentu seputar : apakah bisnisnya tdk merugikan rakyat? Apakah membayar pajak dg benar? Apakah sejarah kebesaran bisnisnya ditempuh dg etika dan moral?Apa sumbangsih besar  buat rakyat? Dll. Bila semua itu bisa dipertanggung jawabkan maka tentu kita sbg rakyat pemilih akan ihlas menjatuhkan pilihan pada capres yg trackrecordnya membanggakan. Bukan sekedar memilih mereka yg pangkat tinggi, gelar/jabatan banyak serta bisnis besar tapi minus prestasi utk rakyat!MHT

Leave a Reply