PERANG BINTANG 2014(?)

PERANG BINTANG 2014 (?)
Oleh : M.Hatta Taliwang

Ada yg bilang ke saya bahwa capres Indonesia ke depan ini adalah (pertarungan) PERANG BINTANG. Maksudnya pertarungan antara tentara berbintang yang sdah purnawirawan khususnya yg berasal dari Jawa. Diantara bintang bintang yg akan berperang itu ada nama :Wiranto,Prabowo,Endriartono, Djoko Santoso, Pramono Edhie, Djoko Suyanto,Tyasno Soedarto. Bahkan konon utk skenario gagal Pemilu pun sdh ada jago tentara yg siap.

Syahwat berkuasa tentara pensiunan di Indonesia luar biasa. Ada yang sdh bertarung dua kali menjelang tiga kali(Wiranto) dan ada yang akan dua kali(Prabowo).
Ada perbedaan dg kami(sipil) yg terjun politik praktis sejak muda /mahasiswa,namun di usia 60an sdh terasa “lelah”. Sebaliknya tentara purnawirawan yg baru terjun politik praktis malah lagi getol getolnya.Seakan sedang puber kedua.Banyak yg jd cagub,cabup, caleg dll.

Tentara di Indonesia mulai merasakan “nikmat berkuasa” sejak mulai dikumandangkan pidato JALAN TENGAH tahun 1958 oleh Jen AH Nasution,seiring berlakunya SOB (keadaan darurat militer). Jen Soeharto mempertegas fungsi tentara menjadi Dwi Fungsi ABRI. Pada era Soekarno/Nasution berlangsung nasionalisasi Perusahaan Belanda. Perusahaan minyak diserahkan pengurusannya ke tentara ( Brigjen terakhir Letjen IBNU SOETOWO). Pada era Soeharto/Ibnu Soetowo inilah antara lain tentara menikmati bulan madu kekuasaan dan uang.

Di awal reformasi peran tentara sempat surut, terutama di era Gus Dur. Perlahan tapi pasti di Era Megawati dan terutama di era SBY tentara purnawirawan khususnya Akabri Angkatan 73 berhasil konsolidasi hingga kini (sdh hampir 10 tahun) mereka tetap dpt mempertahankan “statusquo”. Kalau menyimak Pidato Jen Luhut Panjaitan disebuah acara yg dihadiri SBY thn lalu dpt disimpulkan bahwa Tentara Purnawirawan tdk ingin melepaskan kekuasaan ini keluar dari genggaman tentara(purnawirwan).

Buat kita rakyat biasa memang tak ada pikiran mendikotomikan tentara atau sipil dlm kepemimpinan nasional. Yg kita inginkan klopun harus dari kalangan tentara lagi(purnawirawan), kita berharap tentara yang baik. Yang pro nasional, prorakyat, bukan antek kapitalisme global, tentara seperti yg diteladankan oleh Sudirman/Nasution : jujur, sederhana,berakhlak mulia,berprestasi ! Bukan asal menyandang bintang. (MHT 120513)

Leave a Reply